SEJARAH PEMBANGUNAN DESA

  17 April 2017  |  DESA KEMIRI

Pembangunan di Desa Kemiri di mulai sejak Desa Kemiri berdiri, tepatnya sejak awal masa pemerintahan Kepala Desa yang pertama yaitu pada masa kepemimpinan Kepala Desa H. ALI. Pembangunan desa meliputi pembangunan fisik dan non fisik.

Secara garis besar sejarah pembangunan Desa Kemiri dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu :

1.Pembangunan Desa Pada Masa Penjajahan 

Pembangunan Desa Kemiri dimulai oleh kepala desa H. ALI sampai kepala desa SUNARYO / H. USMAN (KACUNG). pembangunan desa meliputi pembangunan fisik dan non fisik. Pembangunan fisik pada masa ini masih belum maju hal ini di karenakan  kondisi Negara yang masih dalam penjajahan belanda. Sehingga pembangunan fisik masih belum menjadi focus utama. Tapi hasil pembangunan Desa Kemiri yang pernah dicapai pada masa ini yaitu membangun saluran irigasi sungai kumbo (DAM) tepatnya sekarang, sebelah barat dusun kedungliwung Desa Kemiri. yang hingga sekarang masih dapat kita lihat dan kita manfaatkan. Saluran irigasi / dam ini di bangun pada masa kepala desa H. ARIFAH sebelum kemerdekaan.

Sedang pembangunan non fisik yaitu semangat perjuangan untuk meraih kemerdekaan yang sudah melekat pada jiwa masyarakat Desa Kemiri. Yang pada akhirnya terwujudlah kemerdekaan Negara  pada tanggal 17 agustus 1945.

Setelah tercapainya kemerdekaan pembangunan  juga masih belum menjadi fokus utama hal ini karena masih terjadi pemberontakan  dimana-mana dan kondisi Negara yang masih belum stabil dan aman. Oleh sebab itulah pembangunan pada awal kemerdekaan kami jadikan satu dengan pembangunan pada masa penjajahan.

2. Pembangunan Setelah Meraih Kemerdekaan

Setelah berbagai macam pemberontakan dapat teratasi semua dan yang terakhir yaitu pemberontakan G 30 s PKI dapat di tumpas, maka kondisi Negara berangsur-angsur menjadi lebih baik  sehingga pembangunan mulai diperhatikan.

Jadi pembangunan Desa Kemiri secara garis besar dimulai pada tahun 1966 yaitu pada masa kepala desa ABDUL SYUKUR (setelah pemberontakan G30 s PKI) sampai dengan kepala Desa Kemiri yang sekarang yaitu PANTI UTOMOSE

Contact Details

  Alamat :  
  Email :
  Telp. :
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi